Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Onlineshop Coffee Maker Di Pantai Labu, Deli Serdang

Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Onlineshop Coffee Maker Di Pantai Labu, Deli Serdang


Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Onlineshop Coffee Maker Di Pantai Labu, Deli Serdang - Kendati kian berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai dari jenisnya, tempat ditanamna, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walaupun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang begitu beda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah tahu karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Onlineshop Coffee Maker Di Pantai Labu, Deli Serdang


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di bermacam belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta resistan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya kentara ialah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca tulisan di blog Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Onlineshop Coffee Maker Di Pantai Labu, Deli Serdang, mudah-mudahan berguna.

0 comments