Manfaat Kopi Robusta Untuk Kulit – Penjual Mesin Coffee Maker Di Bati-Bati, Tanah Laut

Manfaat Kopi Robusta Untuk Kulit – Penjual Mesin Coffee Maker Di Bati-Bati, Tanah Laut



Manfaat Kopi Robusta Untuk Kulit – Penjual Mesin Coffee Maker Di Bati-Bati, Tanah Laut - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, daerah perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa warung kopi.

Namun, apakah kalian semua telah paham karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki bentuk bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Untuk Kulit – Penjual Mesin Coffee Maker Di Bati-Bati, Tanah Laut


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa spesial, berlainan di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan kebal hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya menonjol yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi artikel di website Manfaat Kopi Robusta Untuk Kulit – Penjual Mesin Coffee Maker Di Bati-Bati, Tanah Laut, semoga berguna.

0 comments