Membuat Kopi Hitam Tanpa Ampas – Toko Mesin Pembuat Kopi di Seruyan Hilir, Seruyan

Membuat Kopi Hitam Tanpa Ampas – Toko Mesin Pembuat Kopi di Seruyan Hilir, Seruyan



Membuat Kopi Hitam Tanpa Ampas – Toko Mesin Pembuat Kopi di Seruyan Hilir, Seruyan - Walaupun kian berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, namun gak sedikit juga yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah mengetahui keistimewaan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang bentuk bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Hitam Tanpa Ampas – Toko Mesin Pembuat Kopi di Seruyan Hilir, Seruyan


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di beragam belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus paling eksplisit yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan di blog Membuat Kopi Hitam Tanpa Ampas – Toko Mesin Pembuat Kopi di Seruyan Hilir, Seruyan, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments