Membuat Kopi Bubuk Tanpa Ampas – Jual Mesin Pembuat Kopi di Simpang Tiga Redelong

Membuat Kopi Bubuk Tanpa Ampas – Jual Mesin Pembuat Kopi di Simpang Tiga Redelong


Membuat Kopi Bubuk Tanpa Ampas – Jual Mesin Pembuat Kopi di Simpang Tiga Redelong - Walaupun semakin ramai pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai tipenya, lokasi penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, biar pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua telah tahu kekhasan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai struktur batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Membuat Kopi Bubuk Tanpa Ampas – Jual Mesin Pembuat Kopi di Simpang Tiga Redelong


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di berbagai belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit dan hama.

Adapun kekhasan setidaknya jelas ialah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel dalam website Membuat Kopi Bubuk Tanpa Ampas – Jual Mesin Pembuat Kopi di Simpang Tiga Redelong, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments