Membuat Kopi Susu Kental Manis – Toko Pembuat Kopi di Pare, Kediri

Membuat Kopi Susu Kental Manis – Toko Pembuat Kopi di Pare, Kediri


Membuat Kopi Susu Kental Manis – Toko Pembuat Kopi di Pare, Kediri - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, mulai dari tipenya, tempat peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, biar pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kalian semua pernah mengetahui karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai bentuk batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Kental Manis – Toko Pembuat Kopi di Pare, Kediri


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi kini di berbagai belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling jelas ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai kafe yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca informasi dalam web Membuat Kopi Susu Kental Manis – Toko Pembuat Kopi di Pare, Kediri, mudah-mudahan berguna.

0 comments