Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Penjual Coffee Maker Di Tebo Ilir, Tebo

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Penjual Coffee Maker Di Tebo Ilir, Tebo


Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Penjual Coffee Maker Di Tebo Ilir, Tebo - Meski makin banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, dari jenisnya, tempat ditanamna, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, kendati berjenis serupa, rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu beda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua telah mengetahui karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki wujud butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Penjual Coffee Maker Di Tebo Ilir, Tebo


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di bermacam belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa spesial, berbeda di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya menonjol adalah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah dalam website Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Penjual Coffee Maker Di Tebo Ilir, Tebo, semoga berguna.

0 comments