Meracik Kopi Yg Enak – Toko Online Mesin Coffee Maker di Karangan, Kutai Timur

Meracik Kopi Yg Enak – Toko Online Mesin Coffee Maker di Karangan, Kutai Timur


Meracik Kopi Yg Enak – Toko Online Mesin Coffee Maker di Karangan, Kutai Timur - Biar kian ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, lokasi ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dan Toraja misalnya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah mengerti keistimewaan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai struktur batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air adalah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Meracik Kopi Yg Enak – Toko Online Mesin Coffee Maker di Karangan, Kutai Timur


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di beragam belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang khas, berbeda di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama.

Adapun ciri khusus paling jelas yaitu tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal serta merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi artikel di blog Meracik Kopi Yg Enak – Toko Online Mesin Coffee Maker di Karangan, Kutai Timur, mudah-mudahan bermakna.

0 comments