Aneka Macam Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Ciniru, Kuningan

Aneka Macam Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Ciniru, Kuningan


Aneka Macam Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Ciniru, Kuningan - Meski makin banyak pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, tempat ditanamna, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma serta flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah kalian semua pernah tahu keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang wujud butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran harganya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Aneka Macam Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Ciniru, Kuningan


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di beragam belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok yaitu tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca informasi di blog Aneka Macam Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Ciniru, Kuningan, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments