Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Cibarusah, Bekasi

Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Cibarusah, Bekasi


Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Cibarusah, Bekasi - Meski makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dari jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, walau pun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang wujud butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Cibarusah, Bekasi


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di berbagai belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga kebal penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling gamblang ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca risalah di website Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Cibarusah, Bekasi, semoga ada manfaatnya.

0 comments