Cara Meracik Kopi Enak – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Donomulyo, Malang

Cara Meracik Kopi Enak – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Donomulyo, Malang


Cara Meracik Kopi Enak – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Donomulyo, Malang - Meski makin ramai pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, namun gak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai dari jenisnya, tempat perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo dan Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah tahu keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang tatanan biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Enak – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Donomulyo, Malang


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di beragam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta resistan penyakit & hama.

Adapun kekhasan paling gamblang ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah memahami serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi artikel di halaman Cara Meracik Kopi Enak – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Donomulyo, Malang, semoga berpengaruh.

0 comments