Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Mesin Coffee Maker di Dukuh Pakis, Surabaya

Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Mesin Coffee Maker di Dukuh Pakis, Surabaya


Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Mesin Coffee Maker di Dukuh Pakis, Surabaya - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai dari jenisnya, tempat perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, walaupun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang begitu beda.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah paham keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang bentuk bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Mesin Coffee Maker di Dukuh Pakis, Surabaya


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi kini di berbagai belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal hama.

Adapun keunikan setidaknya kentara adalah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah memahami serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca artikel di web Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Toko Mesin Coffee Maker di Dukuh Pakis, Surabaya, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments