Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Pembuat Kopi Di Sambeng, Lamongan

Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Pembuat Kopi Di Sambeng, Lamongan



Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Pembuat Kopi Di Sambeng, Lamongan - Meski semakin banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dari kelasnya, lokasi ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, kendati berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa warkop.

Tapi, apakah kamu semua telah mengerti karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai struktur bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran mutunya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Pembuat Kopi Di Sambeng, Lamongan


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di bermacam bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa spesial, berbeda di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga tahan hama.

Adapun ciri khas setidaknya jelas adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, namun sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal dan merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak Coffee shop yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan dalam website Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Pembuat Kopi Di Sambeng, Lamongan, semoga ada manfaatnya.

0 comments