Jenis Kopi Di Toraja – Penjual Mesin Coffee Maker Di Lemahabang, Cirebon

Jenis Kopi Di Toraja – Penjual Mesin Coffee Maker Di Lemahabang, Cirebon


Jenis Kopi Di Toraja – Penjual Mesin Coffee Maker Di Lemahabang, Cirebon - Kendati makin banyak penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, area ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo dan Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah anda semua sudah mengerti karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang bentuk bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Di Toraja – Penjual Mesin Coffee Maker Di Lemahabang, Cirebon


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di berbagai belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya gamblang ialah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi informasi di blog Jenis Kopi Di Toraja – Penjual Mesin Coffee Maker Di Lemahabang, Cirebon, semoga bermanfaat.

0 comments