Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Kios Mesin Coffee Maker di Bawolato, Nias

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Kios Mesin Coffee Maker di Bawolato, Nias


Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Kios Mesin Coffee Maker di Bawolato, Nias - Kendati makin banyak pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, daerah peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah kalian semua pernah tahu karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran nilainya juga lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Kios Mesin Coffee Maker di Bawolato, Nias


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di bermacam bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khas paling jelas yakni tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami serta merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyajikan beragam variasi kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi informasi di website Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Kios Mesin Coffee Maker di Bawolato, Nias, moga-moga bermanfaat.

0 comments