Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Kios Pembuat Kopi Di Leuwigoong, Garut

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Kios Pembuat Kopi Di Leuwigoong, Garut


Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Kios Pembuat Kopi Di Leuwigoong, Garut - Meski makin ramai penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih tak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, daerah peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengerti karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki tatanan butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Kios Pembuat Kopi Di Leuwigoong, Garut


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di bermacam belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa spesial, berbeda di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya eksplisit yaitu peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan di web Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Kios Pembuat Kopi Di Leuwigoong, Garut, semoga berguna.

0 comments