Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Coffee Maker Di Lingga Bayu, Mandailing Natal

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Coffee Maker Di Lingga Bayu, Mandailing Natal



Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Coffee Maker Di Lingga Bayu, Mandailing Natal - Biar kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dari tipenya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja contohnya, menyandang aroma serta citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah mengetahui karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai rupa biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Coffee Maker Di Lingga Bayu, Mandailing Natal


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di bermacam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan penyakit & hama.

Adapun keunikan paling mencolok yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca informasi dalam blog Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Penjual Coffee Maker Di Lingga Bayu, Mandailing Natal, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments