Khasiat Kopi Pak Belalang Ori – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Magersari, Mojokerto

Khasiat Kopi Pak Belalang Ori – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Magersari, Mojokerto


Khasiat Kopi Pak Belalang Ori – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Magersari, Mojokerto - Meski semakin ramai pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dari tipenya, tempat peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Toraja contohnya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua telah tahu karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki tatanan butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pak Belalang Ori – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Magersari, Mojokerto


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di beragam belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khas paling kentara yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi tulisan dalam website Khasiat Kopi Pak Belalang Ori – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Magersari, Mojokerto, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments