Jenis Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi di Lahomi

Jenis Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi di Lahomi


Jenis Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi di Lahomi - Meski semakin ramai penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, area perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walaupun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja misalnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu beda.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kalian semua sudah mengerti ke-khas-an dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai wujud bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi di Lahomi


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di berbagai belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi risalah dalam blog Jenis Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi di Lahomi, semoga berguna.

0 comments