Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Toko Online Mesin Coffee Maker di Ambarawa, Pringsewu

Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Toko Online Mesin Coffee Maker di Ambarawa, Pringsewu


Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Toko Online Mesin Coffee Maker di Ambarawa, Pringsewu - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, namun tak sedikit pula yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai dari tipenya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, kendati dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan cita rasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kalian semua telah mengetahui keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai bentuk batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Toko Online Mesin Coffee Maker di Ambarawa, Pringsewu


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di beragam belahan bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi artikel di halaman Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Toko Online Mesin Coffee Maker di Ambarawa, Pringsewu, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments