Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Coffee Maker Di Pegajahan, Serdang Bedagai

Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Coffee Maker Di Pegajahan, Serdang Bedagai



Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Coffee Maker Di Pegajahan, Serdang Bedagai - Walaupun makin banyak penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai dari jenisnya, area peraniannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walaupun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah tahu keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang bentuk bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia adalah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Coffee Maker Di Pegajahan, Serdang Bedagai


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di beragam bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta kebal hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling jelas yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyediakan bermacam varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca informasi dalam website Jenis Kopi Robusta Spesial – Jual Coffee Maker Di Pegajahan, Serdang Bedagai, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments