Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Penjual Pembuat Kopi Di Pohjentrek, Pasuruan

Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Penjual Pembuat Kopi Di Pohjentrek, Pasuruan


Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Penjual Pembuat Kopi Di Pohjentrek, Pasuruan - Kendati semakin ramai pecinta kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dari varietasnya, daerah peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kalian semua telah mengetahui keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang rupa biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Penjual Pembuat Kopi Di Pohjentrek, Pasuruan


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di bermacam bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa khas, berbeda di setiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga resistan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol ialah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak Coffee shop yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi risalah dalam website Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Penjual Pembuat Kopi Di Pohjentrek, Pasuruan, semoga ada manfaatnya.

0 comments