Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Padang Sidempuan Batu Nadua, Padang Sidempuan

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Padang Sidempuan Batu Nadua, Padang Sidempuan


Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Padang Sidempuan Batu Nadua, Padang Sidempuan - Meski semakin ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai dari jenisnya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah paham keunikan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki rupa batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Padang Sidempuan Batu Nadua, Padang Sidempuan


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di berbagai belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit & hama.

Adapun keunikan paling jelas adalah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi artikel di web Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Padang Sidempuan Batu Nadua, Padang Sidempuan, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments