Khasiat Kopi Rerama Pracampuran – Penjual Mesin Coffee Maker di Kedungwaringin, Bekasi

Khasiat Kopi Rerama Pracampuran – Penjual Mesin Coffee Maker di Kedungwaringin, Bekasi


Khasiat Kopi Rerama Pracampuran – Penjual Mesin Coffee Maker di Kedungwaringin, Bekasi - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, tempat peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo dan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kamu semua sudah mengetahui keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki rupa bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Rerama Pracampuran – Penjual Mesin Coffee Maker di Kedungwaringin, Bekasi


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di beragam bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama.

Adapun ciri khas paling kentara ialah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi risalah dalam blog Khasiat Kopi Rerama Pracampuran – Penjual Mesin Coffee Maker di Kedungwaringin, Bekasi, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments