Jenis Menu Kopi Starbucks – Toko Pembuat Kopi Di Tarokan, Kediri

Jenis Menu Kopi Starbucks – Toko Pembuat Kopi Di Tarokan, Kediri


Jenis Menu Kopi Starbucks – Toko Pembuat Kopi Di Tarokan, Kediri - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai jenisnya, lokasi peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walaupun berjenis sama, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua telah paham keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki struktur bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Menu Kopi Starbucks – Toko Pembuat Kopi Di Tarokan, Kediri


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di berbagai belahan bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya menonjol yakni taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak kafe yang menyediakan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi risalah di web Jenis Menu Kopi Starbucks – Toko Pembuat Kopi Di Tarokan, Kediri, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments