Khasiat Kopi Hijau Karysma – Kios Pembuat Kopi di Padarincang, Serang

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Kios Pembuat Kopi di Padarincang, Serang


Khasiat Kopi Hijau Karysma – Kios Pembuat Kopi di Padarincang, Serang - Kendati semakin ramai penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dari varietasnya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah tahu karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran nilainya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Kios Pembuat Kopi di Padarincang, Serang


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di berbagai belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khas paling mencolok yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi di web Khasiat Kopi Hijau Karysma – Kios Pembuat Kopi di Padarincang, Serang, semoga ada gunanya.

0 comments