Macam Kopi Khas Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Buay Pemaca, OKU Selatan

Macam Kopi Khas Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Buay Pemaca, OKU Selatan



Macam Kopi Khas Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Buay Pemaca, OKU Selatan - Kendati kian banyak pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah paham karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang tatanan batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Khas Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Buay Pemaca, OKU Selatan


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun kini di bermacam belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta resistan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok ialah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi artikel dalam halaman Macam Kopi Khas Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Buay Pemaca, OKU Selatan, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments