Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker di Bangodua, Indramayu

Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker di Bangodua, Indramayu



Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker di Bangodua, Indramayu - Walaupun makin ramai penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dimulai dari kelasnya, kawasan penanamannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua sudah paham karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang tatanan bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker di Bangodua, Indramayu


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di beragam belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa istimewa, berbeda di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok adalah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengetahui serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan dalam website Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Toko Online Coffee Maker di Bangodua, Indramayu, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments