Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Pudak, Ponorogo

Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Pudak, Ponorogo



Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Pudak, Ponorogo - Biar kian banyak pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, namun gak sedikit juga yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai dari kelasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo dan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah paham ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki bentuk biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Pudak, Ponorogo


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di bermacam belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa spesial, berbeda di tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling eksplisit adalah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah memahami dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan dalam website Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Pudak, Ponorogo, semoga berpengaruh.

0 comments