Manfaat Kopi Hijau Untuk Wajah – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Ngancar, Kediri

Manfaat Kopi Hijau Untuk Wajah – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Ngancar, Kediri


Manfaat Kopi Hijau Untuk Wajah – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Ngancar, Kediri - Kendati kian banyak penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dimulai dari varietasnya, area perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo dengan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma serta citarasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa warkop.

Namun, apakah anda semua pernah mengetahui karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Untuk Wajah – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Ngancar, Kediri


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di berbagai belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit.

Adapun keistimewaan paling menonjol adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi tulisan dalam website Manfaat Kopi Hijau Untuk Wajah – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Ngancar, Kediri, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments