Macam Rasa Kopi Indonesia – Onlineshop Coffee Maker Di Bombana

Macam Rasa Kopi Indonesia – Onlineshop Coffee Maker Di Bombana



Macam Rasa Kopi Indonesia – Onlineshop Coffee Maker Di Bombana - Meski semakin ramai pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua pernah mengetahui ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang wujud bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Rasa Kopi Indonesia – Onlineshop Coffee Maker Di Bombana


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di berbagai bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa khas, berlainan di tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan penyakit & hama.

Adapun kekhasan setidaknya kentara yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi risalah dalam website Macam Rasa Kopi Indonesia – Onlineshop Coffee Maker Di Bombana, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments