Manfaat Kopi Hijau Alana – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Lengkiti, OKU

Manfaat Kopi Hijau Alana – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Lengkiti, OKU



Manfaat Kopi Hijau Alana – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Lengkiti, OKU - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dari tipenya, daerah perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah anda semua sudah tahu kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran harganya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Alana – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Lengkiti, OKU


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di bermacam bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya jelas yakni peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak kafe yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi risalah dalam website Manfaat Kopi Hijau Alana – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Lengkiti, OKU, moga-moga bermakna.

0 comments