Manfaat Kopi Untuk Kulit Kepala – Kios Pembuat Kopi di Sumbul, Dairi

Manfaat Kopi Untuk Kulit Kepala – Kios Pembuat Kopi di Sumbul, Dairi



Manfaat Kopi Untuk Kulit Kepala – Kios Pembuat Kopi di Sumbul, Dairi - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dimulai dari jenisnya, daerah perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma serta cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah tahu keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki rupa bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kulit Kepala – Kios Pembuat Kopi di Sumbul, Dairi


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di bermacam bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya jelas yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah di halaman Manfaat Kopi Untuk Kulit Kepala – Kios Pembuat Kopi di Sumbul, Dairi, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments