Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Jual Mesin Coffee Maker Di Tanjungsari, Bogor

Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Jual Mesin Coffee Maker Di Tanjungsari, Bogor


Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Jual Mesin Coffee Maker Di Tanjungsari, Bogor - Biar semakin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dari jenisnya, tempat peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah kamu semua telah tahu keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai bentuk batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran nilainya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Jual Mesin Coffee Maker Di Tanjungsari, Bogor


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di berbagai belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya eksplisit ialah taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan dalam blog Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Jual Mesin Coffee Maker Di Tanjungsari, Bogor, semoga ada gunanya.

0 comments