Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi Di Weru, Sukoharjo

Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi Di Weru, Sukoharjo



Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi Di Weru, Sukoharjo - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, mulai dari jenisnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah paham keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki wujud biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi Di Weru, Sukoharjo


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di bermacam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa khas, berlainan di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta tahan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling menonjol yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengenal serta merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah di website Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia – Onlineshop Pembuat Kopi Di Weru, Sukoharjo, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments