Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Pria – Penjual Pembuat Kopi di Mayangan, Probolinggo

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Pria – Penjual Pembuat Kopi di Mayangan, Probolinggo



Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Pria – Penjual Pembuat Kopi di Mayangan, Probolinggo - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dari kelasnya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah mengetahui ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai struktur butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Pria – Penjual Pembuat Kopi di Mayangan, Probolinggo


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di beragam bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling mencolok yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan dalam website Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Pria – Penjual Pembuat Kopi di Mayangan, Probolinggo, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments