Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Jual Pembuat Kopi di Sukomanunggal, Surabaya

Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Jual Pembuat Kopi di Sukomanunggal, Surabaya



Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Jual Pembuat Kopi di Sukomanunggal, Surabaya - Walaupun kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai tipenya, daerah penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu beda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah paham kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Jual Pembuat Kopi di Sukomanunggal, Surabaya


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya jelas yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca tulisan di website Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Jual Pembuat Kopi di Sukomanunggal, Surabaya, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments