Manfaat Ampas Kopi Untuk Wajah – Toko Coffee Maker di Sukaraja, Tasikmalaya

Manfaat Ampas Kopi Untuk Wajah – Toko Coffee Maker di Sukaraja, Tasikmalaya



Manfaat Ampas Kopi Untuk Wajah – Toko Coffee Maker di Sukaraja, Tasikmalaya - Biar kian ramai pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan flavour yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah kamu semua sudah paham keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki struktur butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran mutunya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Ampas Kopi Untuk Wajah – Toko Coffee Maker di Sukaraja, Tasikmalaya


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di berbagai bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling eksplisit ialah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan dalam website Manfaat Ampas Kopi Untuk Wajah – Toko Coffee Maker di Sukaraja, Tasikmalaya, semoga bermanfaat.

0 comments