Jenis Kopi Arabika Gayo – Jual Coffee Maker di Angsana, Tanah Bumbu

Jenis Kopi Arabika Gayo – Jual Coffee Maker di Angsana, Tanah Bumbu


Jenis Kopi Arabika Gayo – Jual Coffee Maker di Angsana, Tanah Bumbu - Kendati semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, lokasi peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, biar pun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta flavour yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah mengetahui keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang tatanan biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran mutunya juga lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Gayo – Jual Coffee Maker di Angsana, Tanah Bumbu


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di bermacam belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal penyakit dan hama.

Adapun kekhasan setidaknya menonjol ialah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi informasi dalam web Jenis Kopi Arabika Gayo – Jual Coffee Maker di Angsana, Tanah Bumbu, semoga ada gunanya.

0 comments