Cara Meracik Kopi Aceh – Online Shop Coffee Maker di Alor

Cara Meracik Kopi Aceh – Online Shop Coffee Maker di Alor


Cara Meracik Kopi Aceh – Online Shop Coffee Maker di Alor - Walaupun semakin ramai pecinta kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, kendati berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma serta flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah paham keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Aceh – Online Shop Coffee Maker di Alor


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di beragam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa spesial, berbeda di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling menonjol yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi informasi dalam halaman Cara Meracik Kopi Aceh – Online Shop Coffee Maker di Alor, mudah-mudahan berguna.

0 comments