Jenis Kopi Gayo Aceh – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Kota Kijang

Jenis Kopi Gayo Aceh – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Kota Kijang


Jenis Kopi Gayo Aceh – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Kota Kijang - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dimulai dari kelasnya, daerah perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kamu semua telah mengetahui keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai rupa bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Gayo Aceh – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Kota Kijang


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di berbagai bagian bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya jelas ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca tulisan di web Jenis Kopi Gayo Aceh – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Kota Kijang, mudah-mudahan berguna.

0 comments