Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Pembuat Kopi di Kec. Gedebage

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Pembuat Kopi di Kec. Gedebage


Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Pembuat Kopi di Kec. Gedebage - Biar kian ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai kelasnya, area ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo serta Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah mengetahui ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang tatanan butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Pembuat Kopi di Kec. Gedebage


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di bermacam bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang khas, berlainan di setiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi tulisan di blog Khasiat Kopi Hijau Karysma – Toko Pembuat Kopi di Kec. Gedebage, moga-moga bermakna.

0 comments