Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Online Shop Coffee Maker di Bati-Bati, Tanah Laut

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Online Shop Coffee Maker di Bati-Bati, Tanah Laut



Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Online Shop Coffee Maker di Bati-Bati, Tanah Laut - Biar makin banyak pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dimulai dari tipenya, area ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kamu semua sudah mengetahui karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang struktur butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Online Shop Coffee Maker di Bati-Bati, Tanah Laut


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di bermacam belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan penyakit & hama.

Adapun kekhasan setidaknya gamblang adalah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi informasi dalam web Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Online Shop Coffee Maker di Bati-Bati, Tanah Laut, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments