Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Jual Mesin Pembuat Kopi di Masaran, Sragen

Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Jual Mesin Pembuat Kopi di Masaran, Sragen



Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Jual Mesin Pembuat Kopi di Masaran, Sragen - Walaupun makin ramai penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, kawasan penanamannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, walaupun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kamu semua pernah mengerti keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki bentuk bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Jual Mesin Pembuat Kopi di Masaran, Sragen


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun kini di berbagai bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya jelas adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi risalah dalam website Khasiat Kopi Hitam Untuk Kesehatan – Jual Mesin Pembuat Kopi di Masaran, Sragen, moga-moga ada gunanya.

0 comments