Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Tambak Sarioso

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Tambak Sarioso



Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Tambak Sarioso - Kendati semakin banyak pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dari tipenya, daerah penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo serta Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah tahu keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai bentuk butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Tambak Sarioso


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di beragam belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling menonjol adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi risalah di halaman Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Tambak Sarioso, semoga ada manfaatnya.

0 comments