Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Mesin Pembuat Kopi di Baturetno, Wonogiri

Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Mesin Pembuat Kopi di Baturetno, Wonogiri


Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Mesin Pembuat Kopi di Baturetno, Wonogiri - Meski makin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun tak sedikit juga yang nyatanya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, tempat ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah paham ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang wujud bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Mesin Pembuat Kopi di Baturetno, Wonogiri


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di beragam belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khas paling gamblang ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi informasi dalam web Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Mesin Pembuat Kopi di Baturetno, Wonogiri, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments