Membuat Kopi Susu Yg Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Caringin, Garut

Membuat Kopi Susu Yg Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Caringin, Garut



Membuat Kopi Susu Yg Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Caringin, Garut - Kendati makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dimulai dari jenisnya, tempat perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah mengetahui karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki tatanan bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Yg Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Caringin, Garut


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di berbagai bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama.

Adapun keistimewaan paling eksplisit yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca tulisan dalam halaman Membuat Kopi Susu Yg Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Caringin, Garut, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments