Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Bahau Hulu, Malinau

Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Bahau Hulu, Malinau



Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Bahau Hulu, Malinau - Kendati semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tapi gak sedikit juga yang ternyata masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, area penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua sudah paham keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang tatanan batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Bahau Hulu, Malinau


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di beragam bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa khas, berbeda di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus paling mencolok adalah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah memahami dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi artikel di web Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Bahau Hulu, Malinau, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments