Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Kios Mesin Pembuat Kopi di Tenggarong, Kutai Kartanegara

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Kios Mesin Pembuat Kopi di Tenggarong, Kutai Kartanegara



Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Kios Mesin Pembuat Kopi di Tenggarong, Kutai Kartanegara - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dari varietasnya, lokasi ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah paham ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki tatanan biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Kios Mesin Pembuat Kopi di Tenggarong, Kutai Kartanegara


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di beragam belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya jelas yakni tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, hal ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengenal serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca artikel di blog Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Kios Mesin Pembuat Kopi di Tenggarong, Kutai Kartanegara, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments