Kebaikan Kopi Jantan Tradisional – Toko Mesin Coffee Maker di Galang, Deli Serdang

Kebaikan Kopi Jantan Tradisional – Toko Mesin Coffee Maker di Galang, Deli Serdang



Kebaikan Kopi Jantan Tradisional – Toko Mesin Coffee Maker di Galang, Deli Serdang - Kendati semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, daerah ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua sudah mengetahui karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai rupa biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran nilainya pun lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Kebaikan Kopi Jantan Tradisional – Toko Mesin Coffee Maker di Galang, Deli Serdang


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di bermacam bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta kebal hama & penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah di website Kebaikan Kopi Jantan Tradisional – Toko Mesin Coffee Maker di Galang, Deli Serdang, semoga bermanfaat.

0 comments