Khasiat Kopi Hijau Qalam – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Banyuke Hulu, Landak

Khasiat Kopi Hijau Qalam – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Banyuke Hulu, Landak



Khasiat Kopi Hijau Qalam – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Banyuke Hulu, Landak - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, daerah perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja misalnya, menyandang aroma serta cita rasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah mengerti karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki rupa butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran nilainya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Qalam – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Banyuke Hulu, Landak


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di beragam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa spesial, berbeda di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga kebal penyakit.

Adapun keunikan paling kentara yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi artikel di website Khasiat Kopi Hijau Qalam – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Banyuke Hulu, Landak, moga-moga berguna.

0 comments